Selamat Membaca, Semoga Bermanfa'at , Bismillah..

Senin, 02 Januari 2012

DBMS (DataBase Management System)

Bismillah...

Hola kawan, bagaimana kabar hari ini? smoga Tuhan selalu jaga senyum manis mu ya :)

Siap, sekarang setelah sebelumnya kemarin kita membahas sedikit tentang arsitektur basis data, sekarang kita lanjutkan jelajah ilmu tentang DBMS (DataBase Management System).

Menurut sumber yang saya dapat setelah googling. Deskripsi dari definisi DBMS sendiri adalah,
*Kumpulan relasi data
*Kumpulan program untuk mengakses data
*Berisi informasi bagian-bagian perusahaan
*Menyediakan lingkungan yang tepat dan efisien untuk digunakan

DBMS juga menyentuh semua aspek kehidupan lho, memang tidak secara terperinci, tapi, hampir semua jenis aspek kegiatan kerja mulai dari perkantoran sampai pekerjaan sehari-hari, DBMS bisa meng-cover semuanya.

Ok, sebagai bukti, beberapa aplikasi langsung dalam berbagai bidang yang di-handle langsung oleh DBMS ini adalah:
1. Bidang Per-bank-an: Dalam semua jenis transaksi
2. Bidang Penerbangan: Dalam hal resevasi dan penjadwalan
3. Bidang Universitas atau Perguruan Tinggi: Dalam hal pendaftaran dan pelulusan
4. Bidang Penjualan: Ketika memuat data pelanggan, produk dan penyimpanan
5. Bidang Manufactur: Ini terkait dalm hal produksi, inventori, order, dan jaringan pemasok
6. Bidang SDM: Saat merekord karyawan, gaji, dan pemotongan pajak

Pada awalnya, DBMS dibangun diatas sistem file, tapi sayangnya, penggunaan sistem file sebagai penyimpan data sendiri memiliki banyak kelemahan, beberapa diantaranya :
1. Redundansi/Kerangkapan Data
2. Sulit dalam mengakses data
3. Pengisolasian data (banyak file dengan format berbeda)
4. Masalah integritas (keterpaduan) data

Nah, DBMS yang sudah tidak berdiri diatas sistem file, sekarang dapat mengatasi beberapa masalah diatas.

Oh iya, ada juga beberapa contoh program aplikasi dari DBMS sendiri, yang saya tahu setelah mengikuti MatKul Pengantar Basis Data kemarin ada 3, Ms.Access, SQL, dan Oracle.

Biar para pembaca g bingung, penjabaran singkat dibawah ini, tolong keep reading ya :)

ok, pertama Microsoft Access, menurut Ensiklopedia yang sudah mendunia, Ms.Access adalah Program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah.

nah, sedangkan SQL sendiri, menurut narasumber Edi Susanto, SQL adalah singkatan dari Structured Query Languange. Versi pertama dari SQL ini dikembangkan oleh IBM di awal tahun 1970 yang diberi nama System R. System R ini dibuat berdasarkan paper milik Edgar. F. Codd. Pertama kali mereka memberikan nama terhadap project itu SEQUEL (Structured English Query Language), bahasa ini diciptakan untuk mengatur System R. Sampai sekarang pun SQL dalam cara pelafalannya disebut dengan “sequel”.

sip, lanjut ke contoh terakhir, yaitu oracle. yuk kita intip lagi perpustakaan terlengkap didunia, Aplikasi oracle itu adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform). Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

Hm, sepertinya sampai di sini dulu berbagi tentang DBMSnya, silahkan berkenalan dengan yang namanya DBMS. daaan, selamat belajar :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar